Yuk Kenali Jenis Pijat Urut Tradisional Beserta Manfaatnya

Yuk Kenali Jenis Pijat Urut Tradisional Beserta Manfaatnya

Tidak asing tentunya ketika anda mendengar pijat atau urut tradisonal. Di Indonesia khususnya masih sangat terkenal dengan yang namanya jasa pijat urut tradisional.

Memang tidak bisa dipungkiri dipijat dengan cara tradisional memang lebih enak dan membuat badan terasa lebih nyaman. Maksud pijat tradisional di sini adalah tidak menggunakan berbagai peralatan-peralatan elektronik yang sudah modern ya.

Ketika seminggu penuh anda bekerja dengan berbagai kesibukan dan pekerjaan yang tak ada habisnya, atau ketika anda harus kerja lembur untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan deadline tentu membuat badan terasa pegal.

Selain berlibur menenangkan pikiran melakukan pijat tradisional juga merupakan pilihan yang bagus. Sekarang bahkan sudah banyak sekali jasa pijat yang tersedia di berbagai kota-kota tujuan wisata, salah satunya di Kuta, Bali.

Anda bisa berlibur sambil menikmati pijat urut tradisional yang dilakukan oleh tukang pijat yang profesional. Tentu liburan anda akan semakin lengkap dan menyenangkan.

Beberapa orang berpendapat bahwa terapi pijat hanya mitos untuk menyehatkan kembali kondisi tubuh. Namun ternyata itu salah, melakukan pijat memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh seseorang.

Hal ini juga didukung oleh berbagai penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa terapi pijat bisa menyembuhkan beberapa penyakit tertentu. Cara pengobatan dengan pijat atau urut ini sudah ada dan dikenal sejak ribuan tahun silam.

Prinsip dasar dari sebuah proses pijat urut tradisional sebagai terapi ialah membatu melancarkan proses metabolisme pada tubuh, memperlancar peredaran darah, dan sistem saraf dalam tubuh seseorang.

Selain itu bahkan disebut-sebut terapi pijat ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat otot bekerja terlalu kerasa atau memar karena mengalami tekanan yang terlalu kuat, tentu bagian otot tersebut akan terasa sakit bukan?

Contoh terkadang jari-jari kita terasa sakit ketika mengetik, itu disebabkan oto jemari kita sudah bekerja terlalu keras. Dengan melakukan pijatan tentu sirkulasi darah kembali normal sehingga otot bisa bekerja dengan baik seperti semula.

Bicara panjang lebar mengenai pijat atau urut tradisional, ada beberapa jenis pijat yang perlu anda ketahui. Apa saja itu? Yuk simak di bawah ini.

jenis pijat

Pijat Swedia

Pijat jenis ini sangat cocok bagi anda yang baru pertama kali dipijat atau bagi anda yang mengalami nyeri ringan pada beberapa bagian tubuh. Teknik pijat swedia ini yakni memijat panjang, gerakan melingkar, hingga menekan sendi-sendi pada seluruh bagian tubuh.

Pijat swedia ini sangat populer di kalangan masyarakat karena mempunyai manfaat yang bagus dalam mengendurkan otot tubuh yang tegang. Selain itu jenis pijat ini juga akan membantu mempercepat proses penyembuhan pasca cedera.

Memilih pijatan jenis ini sangat berlibu di Bali juga merupakan salah satu pilihan bagus untuk memanjakan seluruh tubuh anda.

Pijat Aromaterapi

Pijat urut tradisional ini bisa juga disebut dengan versi lain dari pijat swedia. Pijat jenis ini menggunakan minyak beraroma terapi atau biasa kita kenal dengan essential oil yang akan dibalurkan di seluruh tubuh selama proses pemijatan dilakukan.

Tujuan menggunakan essential oil ini ialah agar anda akan semakin rileks bahkan tidak hanya itu minyak ini juga disebut-sebut bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

Seperti aroma lavender yang dipercaya dapat mengatasi masalah insomnia. Biasanya sesi pijat aroma terapi ini satu kali sesi akan membutuhkan waktu kurang lebih 60 hingga 90 menit.

Pijat Batu Panas

Juga dikenal dengan sebutan Hot Stone Massage sangat cocok untuk dicoba bagi anda yang mengalami nyeri otot yang cukup hebat pada bagian tubuh. Dengan bantuan suhu panas batu akan membantu melancarkan sirkulasi darah dan meredakan nyeri otot yang anda alami.

Menariknya batu ini tidak hanya sekedar ditempel pada bagian tubuh, akan tetapi terapis atau tukang pijatnya akan memijat tubuh anda menggunakan batu ini.

Mereka akan memijat sambil menggenggam batu tersebut. Hal tersebut akan membuat panas batu tersebut akan menyebar maksimal ke seluruh tubuh anda.

Namun ada beberapa hal yang perlu diingat, bagi anda yang menderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi, varises, dan diabetes sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum melakukan pijat batu panas ini.

Pijat Shiatsu

Jenis pijat yang satu ini tergolong berbeda dengan pijat lainnya. Pasalnya terapis akan menggunakan jemari, tangan, dan siku saat melakukan pemijatan.

Tujuannya ialah agar titik akupresur dalam tubuh anda terstimulasi. Hal ini berguna untuk meningkatkan aliran darah dalam tubuh serta mengembalikan keseimbangan dalam tubuh anda.

Bahkan tidak hanya itu pijat shiatsu ini dipercaya bisa menurunkan tingkat stres dan menjauhkan anda dari berbagai masalah kesehatan. Seperti nyeri punggung, leher, masalah insomnia, sinus, dan berbagai lainnya. Berbeda dengan pijat lainnya bahkan anda tidak perlu repot-repot membuka pakaian ketika melakukan pijat ini.

Pijat Refleksi

Salah satu jenis pijat urut tradisional ini cocok untuk mereka yang cenderung sensitif atau gampang geli karena bagian tubuh disentuh orang lain. Kenapa? Karena pijatan ini hanya berfokus pada bagian tangan dan kaki saja, tidak meliputi seluruh tubuh.

Tahukah anda bahwa tangan dan kaki merupakan bagian tubuh yang mempunyai titik akupresur terhubung dengan organ-organ lainnya dalam tubuh.

Bahkan disebutkan dengan menekan satu titik saja pada kaki atau tangan saja, maka tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang lebih kita kenal dengan hormon kebahagiaan. Sehingga akan membuat anda menjadi semakin rileks.

Setelah mengetahui beberapa jenis pijatan, maka ada hal lain juga yang perlu anda perhatikan dalam hal pijat atau urut. Ayo ikuti informasi selengkapnya di bawah ini.

  • Pastikan kondisi perut anda dalam kondisi yang tidak kenyang dan juga tidak lapar. Waktu yang paling tepat untuk dipijat itu ialah sebelum makan malam. Kenapa? Karena jika sehabis makan dipijat proses metabolisme tubuh sedang aktif, tekanan darah naik, dan aliran darah relatif lebih kencang. Selain itu jika anda dipijat setelah makan akan menimbulkan rasa mual.
  • Perhatikan dan hati-hati ketika melakukan pemijatan terlebih pada bagian-bagian tubuh yang rawan. Terkhusus pada bagian perut karena jika tidak hati-hati akan menyebabkan susunan usus terganggu.
  • Hal penting berikutnya ialah jangan terlalu lama melakukan pijatan dan jangan terlalu kuat pada bagian tubuh yang terasa sakit atau nyeri ketika dipijat.
  • Ketika dipijat sebaiknya minta terapis menggunakan minyak pijat yang natural atau alami, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa murni.
  • Pijatan sebaiknya dilakukan secara rutin namun tidak terlalu sering. Cukup satu kali dalam satu bulan saja.

Manfaat melakukan pijat urut tradisional ini sangat banyak sekali bagi tubuh anda. Seperti bisa membantu menghilangkan capek atau pegal yang menyerang tubuh anda.

Dengan memberikan pijatan pada tubuh maka akan membantu membuat otor-otot yang tadi kaku dan nyeri menjadi lentur kembali. Selain itu manfaat pijat ialah bisa melancarkan peredaran darah dan menormalkan kembali pekerjaan organ jantung dalam tubuh kita. Dan berbagai manfaat luar biasa lainnya untuk tubuh anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *