Tips Cara Memijat Badan Capek

Tips Cara Memijat Badan Capek

Tips Cara Memijat Badan Capek Yang Baik Dan Benar

Badan memiliki batasannya secara fisik tersendiri. Tak bisa kita paksakan untuk selalu melakukan aktivitas tertentu secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama dalam sehari atau lebih.

Beruntunglah ketika sedang berada di Kuta, Bali, ada jasa pemijat yang bisa dimintai bantuan tiap saat rasa lelah dan penat itu muncul. Anda cukup datang ke Kuta lalu sambil berjemur di tepi pantai, dan menyaksikan keindahan pantai Kuta, maka bisa melepas penat dipijat urut, khas pijat tradisional Indonesia, hingga hilang segala lelah setelah seharian menjelajah pulau Dewata tersebut mengagumi berbagai keindahannya. Namun bagaimana jika tidak. Berikut ini adalah beberapa tips cara memijat badan capek yang bisa dilakukan sendiri.

Pijat Bagian Kaki

Rasa lelah yang paling sering dialami oleh orang, terutama ketika berada di kota besar, adalah lelah kaki setelah mengemudi mobil di jalanan yang macet. Bisa juga rasa lelah berjalan sepulang dari mall berbelanja berbagai kebutuhan, meski tersedia eskalator dan lift di berbagai lokasi pusat perbelanjaan, jadi tak perlu harus naik tanggal lagi, namun luasnya mall atau pusat perbelanjaan yang harus disusuri dengan berjalan kaki dari satu gerai toko ke gerai toko yang lainnya akan menimbulkan rasa lelah di kaki.

Ada lagi berbagai penyebab rasa lelah dan pegal di bagian kaki. Oleh karenanya maka bisa dilakukan pemijatan di bagian betis kaki lalu dilanjutkan pada bagian paha kaki, dan juga tumit serta telapak kaki.

Cara pijatnya adalah dengan menggunakan kedua tangan, letakkan jari-jari tangan dan kiri secara bersamaan di masing-masing betis dan paha kanan dan kiri, lalu pijit secara bersamaan sambil duduk dan membungkukkan badan.

Bisa gunakan ibu jari untuk memijat sisi bagian dalam, dan ketiga jari sejak kelingking hingga jari tengah di sisi betis atau paha luar. Lakukan dengan secara berulang-ulang hingga rasa lelah hilang.

Bisa juga dengan memijat satu per satu, caranya tumpangkan salah satu kaki ke kaki yang lainnya, lalu mulai pijit dengan ibu jari di salah satu sisi  betis dan empat jari dari kelingking hingga jari telunjuk di sisi betis yang lainnya.

Gunakan ibu jari untuk mengurut betis di bagian dagingnya secara horizontal kanan ke kiri atau bawah ke atas pada saat posisi kaki ditumpangkan ke kaki yang satunya.

Sambil duduk, pijit juga bagian paha mulai dari sisi atas paha dan sisi kanan dan kiri paha, bagian dalam paha dan luar paha, secara bersamaan dengan jari-jari tangan.

Letakkan atau posisikan ibu jari pada bagian dalam paha, dan keempat jari lainnya di bagian sisi luar paha. Tekan-tekan hingga rasa lelah berkurang. Bisa juga lakukan gerakan memutar ke sisi luar paha dalam perpindahan gerakan memijat paha tersebut.

Jangan lupakan juga bagian lutut, lakukan pijatan di bagian lutut dengan kelima jari menelungkup seperti hendak mencengkeram bagian lutut, lalu gunakan ujung jari-jari tangan untuk memijatnya.

Gerakan memijat ujung-ujung jari tersebut bisa juga dilakukan untuk memijat bagian paha, dari arah atas. Pada bagian telapak kaki bisa dipijit dengan menggunakan ibu jari, baik dengan teknik pijat tekan atau tusuk, ataupun teknik pijat urut.

Pijat Tradisional, Solusi Hilangkan Pegal-Pegal

Pijat Bagian Tengkuk atau Leher Belakang dan Wajah

Rasa lelah juga bisa timbul akibat stres atau beban pikiran, cara jitu untuk menghilangkannya adalah dengan memijat bagian tengkuk leher hingga bagian pundak. Caranya dengan jari tangan.

Lakukan gerakan seperti menjimpit leher bagian belakang dari bawah ke atas, berulang kali, lalu juga bagian pundak, dengan posisi ibu jari di sisi bagian dalam pundak, dan keempat jari yang lainnya di sisi bagian belakang pundak.

Bisa juga pijit leher bagian dengan dengan cara menjimpit tadi. Jika pegal di bagian pundak terasa sangat berat, bisa gunakan keempat jari tanpa ibu jari untuk memijat dengan menekan kuat dan mengurut pundak bagian belakang.

Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang hingga rasa lelah hilang. Gerakan ini bisa dilanjutkan hingga ke memijat bagian wajah, mulai dari pijatan ibu jari di bagian bawah dagu, dan letakkan keempat jari lainnya di bagian pipi.

Kemudian pijat alis dengan cara melebarkan ibu jari dengan dua jari di antara jari kelingking dan jari telunjuk yang direntangkan ke atas dari arah horizontal, kemudian lakukan gerakan memijat dahi secara vertikal.

Bisa juga cukup dengan ibu jari dan jari tengah tangan saja  lakukan pengurutan pada dahi dengan melebar dan menyatukan jarak ibu jari dengan jari tengah dan jari sebelahnya.

Hingga rasa pusingnya hilang. Juga lanjutkan dengan memijit pangkal hidung, dari atas setelah mengurut dahi. Kali ini dengan cara memijat seperti menjumput, bukan dengan mengurut.

Tekan-tekan pangkal hidung di tengah antara kedua mata dengan menggunakan jari tengah dan ibu jari, dari atas ke bawah. Bisa juga gunakan jari tengah untuk mengurut kening bagian tengah, tepat di atas pangkal hidung dengan secara vertikal, dari atas ke bawah. Lakukan berulang-ulang hingga rasa pusing dan tegang hilang.

Memijat Lengan Tangan

Berikutnya yang sering pegal adalah bagian lengan dan tangan, terutama telapak tangan dan sela-sela jari. Terutama jika setelah membawa tas atau barang belanjaan yang banyak dan berat dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pada saat memijat rasakan dengan jari-jari tangan, akan adanya benjolan yang mengeras, di bagian dalam otot dagingnya, lalu pijat atau urut berulang-ulang hingga mengendor dan tidak keras atau kaku lagi, menggumpal.

Untuk memijat lengan, gunakan jari tangan kiri untuk memijat lengan kanan dan sebaliknya. Letakkan ibu jari di sisi lengan bagian dalam dan keempat jari lainnya di sisi lengan bagian luar.

Lalu mulai lakukan gerakan memijat dengan menekan-nekan dari lengan bagian atas ke bawah, hingga ke seluruh bagian tangan. Pada bagian bawah lengan kiri, posisikan sisi bagian dalamnya menghadap ke atas, lalu gunakan dan letakkan ibu jari tangan kanan di sisi kanannya dan keempat jari lainnya di sisi kirinya, lalu mulai tekan dan pijat, mulai dari menjimpit bagian dalamnya dari arah atas, ke bagian bawah lengan atas hingga bawah, lalu balik bagian bawah lengan tadi ke arah dalam, dan lanjutkan pijat di bagian sisi luar bawah lengan dengan keempat jari dan sisi bagian dalamnya dengan ibu jari.

Ulangi dari atas ke bawah, hingga pijit dengan ibu jari menekan-nekan bagian lengan di sisi atasnya lagi juga berulang kali, dan lakukan gerakan seperti menggenggam saat tangan sampai di bagian bawah lengan, dan keempat jari di bagian luar lengan bagian bawah digunakan untuk menekan-nekan dan memijat-mijat. Hingga seluruh otot yang kaku bisa kembali lemas dan rasa pegal menghilang.

Cobalah lakukan beberapa gerakan tersebut dan rasakan manfaatnya ketika badan terasa sangat lelah dan capek, baik karena macet di jalan atau ketika lelah setelah berjalan jauh atau ketika sedang banyak pekerjaan dan lain sebagainya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *