Pijat Tradisional, Solusi Hilangkan Pegal-Pegal

Pijat Tradisional, Solusi Hilangkan Pegal-Pegal

Aktivitas yang terlalu padat serta tuntutan kegiatan dalam keseharian membuat kondisi tubuh kita menjadi cepat lelah dan gampang terkena penyakit.

Tubuh yang sehat akan membuat semua aktivitas yang akan kita jalankan terasa nyaman, namun jika kondisi tubuh tidaklah fit maka akan berdampak pada kegiatan sehari-hari.

Beragam cara dilakukan untuk membuat kondisi tubuh kita terasa fit kembali, salah satunya dengan melakukan pijat tradisional yakni pijat urut.

Pijat Urut, Apa Itu?

Pijat urut termasuk dalam pijat tradisional, di Indonesia sendiri sudah terkenal sejak lama bahkan turun-temurun. Indonesia menjadi salah satu negara yang cukup populer dengan jasa pijatnya baik itu pijat tradisional maupun pijat-pijat lainnya.

Di Indonesia telah banyak tempat yang menawarkan jasa pijat baik itu pijat urut maupun pijat jenis lainnya,bahkan jasa pijat saat ini semakin bervariasi dan berkembang pesat.

Mungkin jika pada zaman kakek-nenek kita jasa pijatnya masih orisinil dan sangat tradisional serta jangan lupa minyak yang digunakan masih minyak aromaterapi yang baunya saja sangat khas dan menyengat.

Saat ini, seiring dengan perkembangan zaman yang semakin millenial, jasa-jasa pijat tidak hanya menggunakan satu varian minyak aromaterapi saja namun beragam pilihan tersedia bahkan juga ada yang varian rasa buah ataupun makanan, memang semakin maju kreatifitas anak bangsa saat ini.

Juga, metode atau teknik yang digunakan telah berkembang pesat seiring dengan diadakannya terlebih dahulu oleh para ahli yang membuat jasa pijat saat ini diminati banyak orang, baik itu kaum muda, tua, bahkan bayi.

Beragam Pijat yang Ada Di Dunia

Tidak hanya pijat tradisionalnya Indonesia yakni pijat urut yang terkenal di berbagai kalangan, namun masih banyak lagi jenis atau tipe-tipe pijat di dunia, apa saja? Yuk kita bahas.

Pertama, Pijat Aromaterapi (Aromatherapy massage)

Pijat jenis ini tujuannya untuk merangsang semua indera yang ada di bagian tubuh serta meringankan tekanan pada otot dan mengurangi stress. 

Bagian terpenting dari pijat ini ialah penggunaan minyak yang beraroma atau minyak esensial bahkan terdapat berbagai macam aroma yang berbeda dengan satu sama lainnya.

Berbagai aroma yang menguar dari minyak akan membuat tubuh kita merasa nyaman dan bahkan bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. 

Selain untuk pijat, minyak aroma ini juga dapat digunakan pada saat melakukan spa.

Kedua, Pijat Thai (Thai massage)

Pijat jenis ini merupakan perpaduan pijatan dan olahraga, yakni perpaduan antara terapi pijat dan yoga.  

Fungsi pijat ini ialah untuk memberikan tekanan-tekanan pada energi tubuh yakni menyelaraskan semua energi yang mengalir pada semua bagian tubuh kita.

Pijat jenis ini memerlukan pergerakan-pergerakan yang cukup banyak seperti melakukan beragam posisi peregangan yang dapat meremajakan tubuh dan dipandu oleh ahli terapis dalam pelaksanaannya.

Manfaat dari melakukan pijat ini tidak hanya mengurangi nyeri dan pegal-pegal saja namun juga dapat mengurangi penyakit seperti sakit kepala atau migrain.

Ketiga, Pijat Swedia (Sweedish massage)

Pijat cocok ini cocok diperuntukan bagi  yang baru pertama kali melakukan pijat. 

Teknik pijat yang digunakan lebih mengarah ke gerakan tangan sebagian besar dimana terdapat gerakan-gerakan menekan sampai getaran ke bagian tubuh yang sakit ataupun nyeri.

Manfaat yang dirasakan ialah pijat ini dapat membantu mengurangi tegangan di otot tubuh dan mengurangi rasa pegal serta dapat membantu mempercepat pemulihan cedera.

Beragam Pijat yang Ada Di Dunia
Keempat, Pijat refleksi kaki

Keempat, Pijat refleksi kaki

Pijat jenis ini hanya berfokus pada bagian kaki dan tangan saja. Refleksi pada bagian kaki maupun tangan didasarkan pada adanya titik-titik / akupresur yang terhubung pada organ-organ penting dan bagian tubuh lainnya, dengan memberikan tekanan pada titik-titik tersebut akan tersalurkan dan merangsang bagian tubuh lainnya yang membuat tubuh menjadi lebih rileks dan sistem saraf kita akan memproduksi hormon kebahagiaan.

Kelima, Pijat jaringan dalam (Deep tissue massage)

Jenis pijat ini lebih mengarah ke tekanan dimana lebih cenderung memakai banyak tekanan disaat melakukan pemijatan pada bagian tubuh. 

Teknik pijat jenis ini menggunakan cara yang perlahan namun mengandung tekanan pada setiap pijatannya. 

Manfaat dari melakukan pijatan ini adalah dapat mengatasi masalah pada otot yang cukup kronis.

Keenam, Pijat batu panas (Hot stone massage)

Pijat jenis ini menggunakan media atau alat untuk melakukan pemijatannya, alat tersebut berupa batu yang mengandung suhu panas, di India sendiri pijat ini dikenal dengan nama Kerala massage.

Teknik pemijatannya yaitu sebelum melakukan pemijatan maka batu khusus yang digunakan untuk memijat akan terlebih dahulu dihaluskan lalu dipanaskan dengan suhu tertentu.

Setelah itu, batu-batu panas tersebut akan diletakkan pada titik-titik tekanan yang bereda pada bagian tubuh seperti pada sepanjang garis tengah yang menjalar di bagian punggung, selagi batu panas diletakkan dititik tertentu, terapisnya juga akan memijat bagian tubuh lainnya sambil menggenggam batu panas tersebut. 

Manfaat dari pijat ini ialah dapat mengurangi nyeri dan otot kaku.

 

Ketujuh, Pijat Shiatsu

Pijat jenis ini  menggunakan jari-jari tangan dan siku tangan untuk memijat bagian tubuh, teknik ini dipercaya dapat menstimulasi titik-titik akupuntur pada bagian tubuh yang berimbas pada semakin meningkatkan aliran dan keseimbangan pada tubuh. 

Manfaatnya seperti mengurangi nyeri pada punggung dan leher, mengurangi stress, dan terhindar dari penyakit.

Kedelapan, Pijat olahraga (Sport massage)

Pijat jenis ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang gemar olahraga, yang mana digunakan untuk mengatasi cedera yang timbul setelah olahraga. 

Jenis pijat ini banyak diminati oleh kaum pecinta olahraga,karena dalam prosesnya kita juga dapat meningkatkan ke-fleksibilitas pada tubuh dan terhindar dari stress yang berlebihan.

Kesembilan, Pijat Prenatal

Jenis pijat ini dilakukan oleh ibu-ibu hamil,dimana teknik yang digunakan cenderung lembut dan rileks. 

Manfaatnya beragam, seperti merilekskan tubuh,mengurangi ketegangan pada otot,nyeri tubuh, dan kaki bengkak akibat dari proses kehamilan.

Teknik Memijat secara benar

Dalam melakukan pijat khususnya pijat urut memerlukan teknik yang khusus agar tidak mencederai klien yang dipijat. Dalam melakukan pemijatan, si ahli terapis (yakni si pemijat) harus mengetahui bagian-bagian tubuh mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan pemijatan, karena dapat membahayakan tubuh dan beresiko menyebabkan stroke bahkan kelumpuhan.

Terdapat 5 bagian tubuh yang menjadi larangan untuk dipijat secara sembarangan:

5 bagian tubuh yang menjadi larangan untuk dipijat

Perut

Bagian perut merupakan bagian yang sensitif dan penting dimana di bagian perut terdapat berbagai organ tubuh yang sangat penting bagi kita, maka dari itu tidak dianjurkan untuk memijat secara sembarangan akan akan berakibat pada fungsi dari organ yang terdapat didalam perut.

Pangkal Paha

Pada bagian ini merupakan area dimana pembuluh-pembuluh darah berkumpul, dan tidak dianjurkan memijat secara buta karena akan berpengaruh pada sistem saraf yang terhubung pada bagian tubuh lainnya yaitu kaki.

bagian tubuh yang menjadi larangan untuk dipijat pangkal paha

Ujung Siku

Pada bagian ini memiliki saraf yang sangat sensitif,maka dari itu jangan melakukan  pemijatan terlalu keras pada bagian tersebut.

Belakang Lutut

Pada bagian ini termasuk ke dalam area sensitif, karena terdapat banyak pembuluh darah yang terhubung dengan bagian lutut lainnya.

bola mata

Bola Mata

Bagian bola mata merupakan area yang harus terjaga kesterilannya,bola mata memiliki sifat sensitifitas yang tinggi.

Manfaat Bagi Tubuh Kita 

Nah, kalo tidak ada manfaatnya mengapa pijat menjadi salah satu alternatif penyembuhan yang digemari oleh banyak orang, manfaat yang diperoleh dengan melakukan pijat sangatlah beragam.

Pertama, memberikan efek relaksasi. Kedua, mengatasi sakit kepala maupun migrain. Ketiga, sebagai terapi pasca penyembuhan terkena penyakit. Keempat, mengurangi sakit pada nyeri dan melancarkan peredaran darah.

Maka dari itu, banyak jasa-jasa pijat yang ditawarkan dengan paket yang menarik seperti halnya pijat urut.

Jl Raya Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361