Manfaat Pijat Jangka Panjang dan Pendek

Manfaat Pijat Jangka Panjang dan Pendek

Sebagian besar orang yang sudah pernah dipijat tentu sudah merasakan berbagai manfaatnya. Terapi pijat merupakan investasi bagi kesehatan tubuh. Ada banyak sekali manfaat pijat itu, baik untuk jangka pendek yang dengan segera dan secara langsung, bisa dirasakan manfaatnya seketika saat itu begitu telah selesai dipijat, maupun manfaat pijat untuk jangka panjang yang akan dirasakan kemudian dan seterusnya, jika terapi pijat dilakukan dengan secara rutin.

Aneka Jenis Pijat

Terdapat berbagai jenis teknik pijat itu. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Pijat Hot Stone

Pijat ini menggunakan media semacam batu kali yang telah dipanaskan terlebih dahulu, dan lalu diletakkan di beberapa titik bagian tubuh.

Pijat Urut Tradisional

Pijat yang menggunakan jari dan telapak tangan untuk memijat dengan cara menekan dan lalu mengurut otot bagian tubuh yang kaku dan tegang hingga menjadi lemas dan terurai lentur kembali. Pemijatan ini dibarengi dengan penggunaan minyak urut guna memudahkan gerakan memijatnya.

Pijat Refleksi

Pijat yang menggunakan ujung jari, atau alat tekan khusus tertentu untuk memijat satu titik tertentu di bagian tubuh hingga selama beberapa saat, secara beberapa kali.

Pijat Ayurvedic India

Pemijatan yang dilakukan dengan secara bersamaan di bagian tubuh yang kanan dan kiri oleh dua orang pemijat secara bersama-sama.

Pijat Thai

Gabungan antara yoga dengan terapi pijat. Pemijat kadang mengajak orang yang dipijat untuk melakukan gerakan tubuh tertentu, untuk peregangan. Pemijat menggunakan kakinya untuk menarik tubuh ke dalam posisi tertentu dan untuk memijat badan.

Pijat Lulur

Pijatan yang bertujuan untuk melakukan pengelupasan kulit mati dengan cara menggosok-gosok kulit tubuh dengan menggunakan jari dan telapak tangan yang telah dibalur dengan ramuan lulur.

Yuk Kenali Jenis Pijat Urut Tradisional Beserta Manfaatnya

Manfaat Pijat Dalam Jangka Pendek

Manfaat pijat yang didapat pada saat atau begitu sudah selesai dipijat antara lain adalah sebagai berikut.

Menghilangkan rasa Penat dan Lelah

Begitu setelah selesai dipijat maka rasa lelah dan penat pada tubuh akan bisa hilang. Tubuh kembali terasa bugar dan fit kembali. Otot-otot tubuh yang kaku dan mengalami ketegangan di bagian tubuh tertentu akan dipijat dengan ditekan dengan tingkat kekerasan tekanan tertentu dan lalu juga diurut hingga ikatan atau gumpalan otot yang kaku tadi bisa kembali terurai dan tidak kaku lagi, kembali berada pada posisinya yang semula, sehingga dapat berfungsi dengan normal kembali.

Mengurangi Rasa Nyeri

Pemijatan juga bisa mengurangi rasa sakit nyeri yang dialami. Pijat urut tradisional bahkan sejak dulu telah diandalkan untuk menjadi cara pengobatan untuk menyembuhkan sakit tubuh yang terkilir. Pijat juga bisa meredakan gejala osteoarthritis. Pada saat tubuh dipijat maka tubuh secara alami lantas akan memproduksi zat hormon pengurang rasa sakit.

Membuat Rileks dan Menghilangkan Stres

Pijat juga bisa membuat tubuh terasa nyaman, rileks dan menghilangkan stres. Hal ini karena pada saat tubuh dipijat maka secara alami akan menurunkan kadar hormon stres, yakni hormon cortisol, hingga sekitar 31%. Rasa nyaman juga langsung timbul begitu tubuh dipijit. Reseptor tekanan yang ada di bagian bawah kulit akan segera meningkatkan kerja vagal pada saat ditekan dengan pijatan.

Menyehatkan Sistem Pernafasan

Pada saat dipijat, maka tubuh akan secara otomatis bernapas dengan secara perlahan-lahan dan menghirup udara dalam-dalam, menarik napas dalam-dalam dan lalu juga melepaskannya dengan secara perlahan-lahan yang akan membuat sirkulasi oksigen menjadi lebih mudah untuk mengalir ke dalam bagian tubuh sehingga akan membantu proses penyembuhan dan juga menyehatkan serta melancarkan fungsi organ tubuh dan badan akan terasa lebih bugar.

Memperlancar Peredaran Darah

Pada saat dipijat dan sesudahnya maka aliran darah dalam tubuh lantas dapat kembali mengalir dengan lancar ke seluruh jaringan tubuh, termasuk ke dalam otak dan lain sebagainya. Dengan demikian maka tubuh akan kembali merasa segar, baik segar secara fisik maupun segar secara pikirannya.

Sirkulasi darah yang lancar akan membuat pasokan oksigen dan nutrisi penting yang diperlukan tubuh akan mengalir lancar keseluruh bagian tubuh, sehingga regenerasi sel-sel tubuh yang rusak bisa dengan segera berganti dengan sel-sel yang baru, sel tubuh yang sehat, menggantikan sel-sel tubuh yang telah rusak. 

Mendeteksi Kondisi Badan

Dengan melakukan terapi pijat juga maka pemijat sambil memijat akan dapat melakukan deteksi kondisi tubuh dengan secara detil dan lebih teliti, sehingga akan mudah diketahui jika ada luka, lecet atau memar atau kondisi tubuh lainnya yang tidak normal atau yang berbeda dari yang biasanya, termasuk organ atau bagian tubuh yang kadang terabaikan dan tak terlihat.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Pada saat dilakukan pemijatan, maupun setelahnya, maka tubuh dan pikiran pun akan menjadi relaks, rasa lelah dan penat juga menghilang, lalu akan timbul rasa kantuk, dan kemudian bisa tidur dengan lelap dan pulas. Dengan demikian maka kualitas tidur sehabis dipijat akan meningkat. Hal ini akan sangat membantu bagi para penderita insomnia, yakni para penderita masalah kesulitan tidur.

Manfaat Pijat dalam Jangka Panjang

Pijat tak hanya bermanfaat seketika, pada saat itu juga begitu tubuh dipijat, maupun setelah selesai dipijat. Terapi pijat juga memiliki banyak manfaat dalam jangka panjang. Pijat merupakan investasi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat pijat dalam jangka panjang, secara bertahap.

Meningkatkan Imunitas atau Kekebalan bagi Tubuh

Pijat dapat meningkatkan imunitas. Dengan melakukan pijat secara rutin maka akan terjadi peningkatan sel darah putih yang sangat berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hasil penelitian juga menunjukkan dengan melakukan terapi pijat maka tingkat kekebalan para penderita kanker, leukemia dan lain sebagainya bisa meningkat, dan kondisi tubuh para penderita tersebut bisa membaik, pijatan akan mampu meredakan rasa sakit yang timbul.

Mengatur Tekanan Darah

Terapi pijat juga bisa untuk membantu dan mengurangi tingkat hipertensi pada beberapa orang. Pijat akan merangsang receptor tekanan yang ada pada bagian otak yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah.

Mengeluarkan Racun

Pijat juga bisa menjadi upaya detoks karena bisa meningkatkan kemampuan getah bening yang bersama-sama dengan aliran darah akan bertugas untuk menyuplai nutrisi dan juga oksigen ke seluruh bagian tubuh sekaligus juga untuk mengeluarkan berbagai racun dan berbagai sampah zat yang tak berguna bagi tubuh.

Memperbaiki Postur Tubuh

Terapi pijat akan dapat meluruskan dan membuat tulang belakang serta otot di sekitarnya menjadi lebih fleksibel dan juga tidak kaku atau luwes, sehingga dengan demikian akan bisa memperbaiki postur tubuh menjadi yang lebih ideal.

Mengoptimalkan Fungsi Tubuh secara Alami

Pijat juga bisa membantu untuk mengoptimalkan fungsi tubuh dan juga pikiran serta memelihara kesehatan kulit. Tekanan pijatan pada titik-titik tubuh yang dirasakan dari kulit akan berdampak hingga pada bagian otot dan bagian tubuh di dalam juga.

Ketika dilakukan pemijatan maka tubuh akan menghasilkan produksi enzim atau hormon baik, yakni seperti serotonin dan juga dopamine yang menurut hasil suatu penelitian bisa meningkat hingga sebesar 30%. 

Jasa pemijatan tradisional bisa didapatkan di Kuta, Bali. Jadi pada saat berkunjung ke pantai Kuta, Bali maka selain menyaksikan keindahan pantainya, para wisatawan juga bisa menikmati layanan pijat tradisional, sambil berjemur di tepi pantai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *